Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MALAYSIA TIDAK MENGUBRIS INDONESIA MENURUT MENLU RI

Jumat, 20 Agustus 2010

MALAYSIA TIDAK MENGUBRIS INDONESIA MENURUT MENLU RI

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menegaskan kementerian sudah berulang kali melayangkan nota protes kepada Malaysia mengenai wilayah perbatasan.

Terakhir, terkait penahanan empat petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di perbatasan perairan Indonesia-Malaysia di kawasan Kepulauan Riau. Namun, lanjutnya, belum ada sama sekali tanggapan resmi dari pemerintah Malaysia.

"Kita belum menerima respon secara resmi," ungkapnya usai mengikuti acara buka bersama di Istana Negara, Jumat (20/8/2010). Namun, Marty mengaku sudah mendengar jawaban lisan Menlu Malaysia yang disampaikan di depan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-65 di Kedubes RI di Malaysia.

Seperti yang didengarnya dari Dubes RI untuk Malaysia Da'i Bachtiar, Malaysia tetap komitmen dalam persahabatan dengan Indonesia. Meski belum memperoleh jawaban resmi, Marty tak ragu karena menurutnya Indonesia sudah berperan aktif mengirimkan protes sebagai tanda 'tidak terima' akan masalah di perbatasan kedua negara.

Selain itu, September atau Oktober mendatang, lanjutnya, akan digelar Komisi Bersama Menteri antara Indonesia dan Malaysia untuk membahas masalah ini. "Dengan adanya masalah ini, tentu rencana pertemuan ini memperoleh porsi yang lebih," tambahnya.

Tidak ada komentar: