Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: TIPS JITU UNTUK ANDA DI TAHUN INI

Jumat, 04 Februari 2011

TIPS JITU UNTUK ANDA DI TAHUN INI

INDONESIA GLOBAL



Temukan diri Anda yang jauh lebih sehat dan bahagia.

Sosok Baru yang Mencintai Diri, Itukah Anda di Tahun Ini?

Temukan diri Anda yang jauh lebih sehat dan bahagia.


Tinggalkan pengalaman tak menyenangkan atau bahkan tak menyehatkan bagi diri sendiri. Saatnya lebih mencintai diri mulai tahun ini. Jadikan 2011 menjadi tahun yang menyehatkan bagi diri Anda, ikuti 10 kiatnya:

1. Fisik yang sehat
Sah saja jika diet dan menjalani pola hidup sehat ada dalam daftar resolusi tahun baru Anda. Namun, yang perlu dinomorsatukan adalah memastikan gaya hidup sehat Anda terjaga dan berjalan sesuai rencana. Tinggalkan kebiasaan lama yang akan merusak resolusi hidup sehat Anda. Jika berhasil menjalani ini, Anda baru saja membuktikan komitmen awal untuk lebih mencintai diri.

2. Tinggalkan segera hubungan yang tak sehat
Siapkan dan beranikan diri untuk menyingkirkan atau bahkan meninggalkan semua hal yang tak menyehatkan, termasuk dalam hubungan. Baik dalam pertemanan, pasangan, atau bahkan atasan. Jika masih bisa diatasi dan dicari solusinya, segera lakukan. Jika tak ada lagi yang bisa Anda lakukan, segeralah tinggalkan pengalaman tak menyenangkan, lalu nikmati hidup Anda. Anda tak harus memiliki jutaan teman untuk menjadi sosok bahagia. Anda akan lebih bahagia jika memupuk hubungan sehat dengan beberapa orang saja, dengan kualitas yang lebih baik, yang membuat nyaman dan gembira. Hubungan yang membuat Anda lebih stabil tanpa emosi negatif, asumsi, dan segala hal lain yang tak menyehatkan bagi diri Anda.

3. Segarkan kembali kamar atau rumah Anda
Merombak kembali tata ruang di kamar atau rumah tak hanya bikin suasana lebih segar, tetapi juga menjernihkan pikiran Anda. Mulailah merapikan isi lemari Anda. Singkirkan benda atau pakaian yang tak lagi terpakai, lebih baik donasikan saja. Mulailah merombak kamar pribadi Anda, lalu bertahap ke kamar lain di rumah, hingga akhirnya semua ruang di rumah berubah penampilannya, lebih sehat dan segar. Pikiran pun menjadi lebih segar bukan?

4. Buatlah jurnal pribadi
Jika ingin membuat perubahan dalam diri, tuliskanlah, jangan hanya terbayang dalam pikiran saja. Buatlah jurnal pribadi, yang berisi motivasi untuk membuat perubahan diri. Blog bisa menjadi pilihannya, meski tak ada salahnya menggunakan cara lama, dengan pena dan buku. Mulailah perubahan dengan menuliskan hal positif dalam diri Anda, lanjutkan dengan menuliskan daftar perubahan yang ingin Anda lakukan.

5. Segera mulai mencapai sasaran
Segeralah berbuat aksi nyata untuk mencapai sasaran Anda. Jika ingin berhenti merokok, jangan sekadar mengatakan Anda ingin berhenti merokok tahun ini, tetapi mulailah melakukan langkah kecil agar keinginan terwujud. Buatlah timeline agar perlahan tapi pasti, langkah kecil itu akan membuat perubahan yang besar.

6. Cari mentor
Anda boleh percaya diri bahwa semua resolusi bisa Anda wujudkan. Namun, Anda bukan superwoman yang bisa segalanya. Bagaimanapun, setiap individu membutuhkan mentor dan panduan. Buku tentang sosok sukses yang inspiratif bisa membantu Anda mencapai sasaran perubahan diri. Bergabunglah dalam komunitas dengan misi atau minat yang sama. Dukungan dari kelompok yang sejalan dengan Anda akan sangat membantu.

7. Latih ketajaman otak Anda
Peliharalah ketajaman berpikir untuk membantu Anda meningkatkan kemampuan diri. Berikan asupan nutrisi sehat untuk meningkatkan kinerja otak. Stimulasi kecerdasan dengan berbagai cara, termasuk permainan yang mengasah kemampuan otak Anda. Kalahkan kemalasan dan pacu otak Anda untuk terus bekerja dan semakin terasah.

8. Rancang anggaran personal
Keuangan punya peran, termasuk dalam keberhasilan kehidupan personal Anda. Anda tentu sudah memiliki resolusi keuangan saat ini, jadi jalankan saja jangan hanya sebatas rancangan di atas kertas. Jika perlu, minta bantuan jasa perencana keuangan profesional agar target Anda tercapai. Atau, selalu ikuti informasi terkini mengenai berbagai seminar atau kelas seputar keuangan yang bisa menambah ketrampilan mengelola keuangan.

9. Cintai lingkungan di sekitar Anda
Mulailah mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan. Sekecil apa pun perubahan yang Anda buat untuk lingkungan punya pengaruh besar. Dan, bukankah dengan melakukan sesuatu yang bermakna, hidup Anda juga akan berubah? Setidaknya, Anda menjadi bagian dari kehidupan yang membuat perubahan bagi diri sendiri dan lingkungan. Semangat positif ini tentunya akan menstimulasi diri berbuat lebih positif lagi, termasuk untuk diri sendiri.

10. Berbagilah
Hidup dan kehidupan bukan hanya untuk Anda. Luangkan waktu untuk berkontribusi, memperkaya diri dengan kepuasan batin. Bergabunglah dalam berbagai kegiatan sosial. Libatkan diri Anda dalam program pengembangan komunitas. Anda akan merasa lebih menghargai dan mencintai diri saat mampu berkontribusi untuk kemajuan orang lain. Setiap orang punya potensi diri, yang akan bermanfaat jika diberdayakan untuk memberdayakan orang lain.

Tidak ada komentar: