Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: CURAHAN HATI ANGELINA SONDAKH TENTANG ADJIE

Senin, 21 Februari 2011

CURAHAN HATI ANGELINA SONDAKH TENTANG ADJIE

INDONESIA GLOBAL



Akhirnya Angie Curahkan Isi Hatinya... Minggu, 20 Februari 2011 | 11:39 WIB

Istri almarhum Adjie Massaid, Angelina Sondakh, bersama putranya Keanu Jabaar Massaid, tak kuasa menahan tangis saat pemakaman suaminya, di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu (5/2/2011). Almarhum meninggal dunia pada usia 43 tahun dengan indikasi karena serangan jantung usai bermain sepak bola.

Setelah dua minggu ditinggal oleh suami tercintanya, Adjie Massaid, Angelina Sondakh akhirnya mencurahkan isi hatinya kepada publik di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (19/2/2011). Angie hadir di sela-sela pertandingan yang digelar Trisakti Football Club, klub di mana Adjie biasa menghabiskan waktunya bermain bola, untuk mengenang almarhum.

Ini kali pertama Angie tampil di muka umum untuk bicara. Dalam wawancara singkat, Angie, yang mengenakan kaus hitam bergambar wajah suaminya di bagian depan, bertutur bahwa dirinya akhirnya memutuskan untuk berbicara kepada publik setelah hari-hari terberatnya. "Walau saya enggan kembali pada tempat yang membuat saya mengenang masa lalu, tapi saya kira Mas Adjie senang apa yang saya lakukan sekarang. Ini sudah dua minggu saya ditinggal Mas Adjie. Banyak dukungan, SMS, bahwa saya harus terus berjuang, ikhlas, sabar, dan tabah, dan ini saya kira waktu yang tepat untuk bangkit," ungkap Anggota Komisi X DPR RI ini sambil terisak.

Dukungan yang juga diterimanya melalui akun Twitter mengingatkan Angie bahwa anak-anak mereka--baik anak kandung Angie maupun anak-anak dari Reza Artamevia, mantan istri Adjie--masih kecil dan membutuhkan perhatian Angie. Selain itu, Angie mengatakan pula, masih banyak perjuangan almarhum yang harus dilanjutkannya.

Angie mengaku, putranya, Keanu Jabbar Massaid, menjadi penyemangatnya. Aku Angie pula, ketika menghadapi kesedihan dan kesepian, ia memiliki satu kegiatan untuk mengatasinya. "Saya nulis, bikin buku Mas Adjie. Dari dulu dia pengin nulis, tapi karena waktu saya terbatas karena kuliah, jadi belum digodok. Dalam 40 hari saya akan konsentrasi untuk menyelesaikannya. Meski berat, itu jadi semangat buat saya," ujarnya.

Puteri Indonesia 2001 ini juga mengingat istri almarhum Sophan Sophian, Widyawati, yang turut menguatkan dirinya. Pengalaman Widyawati juga menyemangatinya untuk tidak larut dalam kesedihan dan mencurahkan perhatian untuk anak-anak.


Angie Tendang Bola untuk Adjie Sabtu, 19 Februari 2011 | 20:02 WIB


Anggota Komisi X DPR RI Angelina Sondakh melakukan kick-off untuk membuka pertandingan sepak bola untuk mengenang kepergian suami tercintanya, Adjie Massaid, yang digelar Trisakti FC di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (19/2/2011) sore.

Apa yang dilakukan pertama kali oleh Angelina Sondakh di depan publik setelah dua minggu ditinggal oleh suami tercintanya, Adjie Massaid? Jawabannya, menendang bola.

Angie yang mengenakan kaus hitam bergambar wajah suami yang menikahinya 2009 lalu ini didaulat untuk melakukan kick-off pertandingan yang digelar Trisakti Football Club untuk mengenang almarhum di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (19/2/2011). Klub ini adalah klub di mana Adjie biasa menghabiskan waktunya bermain bola sebelumnya.

Bagi Anggota Komisi X DPR RI ini, sepak bola meninggalkan kenangan yang sangat dalam tentang Adjie. Ayah tiga orang anak itulah yang mengenalkan dunia sepak bola kepadanya, baik pengetahuan maupun teknik-teknik dasarnya. Maka tak sulit secara teknis bagi dirinya untuk menendang bola.

"Enggak (sulit) sih, karena biasa main sama Mas Adjie dan Keanu. Suka diajarin bola makanya sejak almarhum jadi manajer timnas (U-23), kita disuruh nonton, Keanu diminta temenin daddy-nya," ungkap wanita yang lahir di Benua Kanguru 33 tahun silam ini.

Selain itu, Angie mengatakan, mereka sering nonton sepak bola bersama-sama. Adjie yang lebih sering mengajak Angie, Keanu, Zahwa, dan Aliya. Adjie bahkan sangat ingin Keanu nantinya bisa bermain bola. Angie juga masih tahu benar bahwa Adjie yang pernah main di klub Ajax Junior ini memfavoritkan Belanda pada Piala Dunia terakhir.

"Atribut-atributnya masih ada sampai sekarang, terakhir nonton bola bareng sama teman-teman Mas Adjie. Waktu itu Piala Dunia, naik motor. Kita ngumpul, Belanda 'kan nomor dua. Terus nonton lagi naik motor lagi nobar sama Ketum (Demokrat). Jadi memang ikut-ikutan Mas Adjie. Cuma sekarang jadi rada berat. Mungkin saya enggak sanggup lagi nonton Piala Dunia," paparnya.

Angie mengaku senang ketika diberi tahu tentang acara ini. Dia mengaku sudah berkenalan dengan rekan-rekan Adjie di Trisakti FC beberapa waktu sebelum suaminya itu tutup usia. Oleh karena itu, dirinya sangat terharu ketika Rico Ceper dan rekan lainnya menyampaikan keinginan untuk mengenang Adjie melalui sepak bola, walau sulit kembali pada tempat-tempat yang mengembalikan ingatannya akan Adjie.

"Senang, artinya juga ini usaha teman-teman Mas Adjie untuk membangkitkan semangatku. Rico suka SMS, katanya, 'Yang penting Mbak semangat.' Saya bahagia selama hidup, Mas Adjie banyak punya teman-teman yang sampai sekarang care," tambahnya.

Selepas Wafat Adjie Angelina Sondakh Kehilangan Gairah Kerja? Senin, 14 Februari 2011 | 20:14 WIB

Angelina Sondakh dan Adjie Massaid

Meski lambat laun Angelina Sondakh bisa menerima kepergian suami tercinta, mendiang Adjie Massaid, namun tetap saja ia seperti kehilangan gairahnya. Hingga Senin (14/2/2011) ini, perempuan yang akrab disapa Angie tersebut belum kembali menjalani rutinitas pekerjaannya di Komisi X DPR RI seperti biasa.

Subtantial Staf Parlemen DPR/MPR RI yang juga asisten pribadi Angie, Ridhwan Effendi membenarkan hal itu. Namun menurutnya, politisi fraksi Partai Demokrat tersebut baru aktif kembali pada Rabu (16/2/2011) mendatang.

"Saya sudah dengar seperti itu, ibu memang mau kembali beraktivitas. Ibu juga mungkin sudah ada rencana ke sini, cuma hari ini tidak ada agenda, jadi kemungkinan hari Rabu," kata Ridhwan saat ditemui di DPR, Senin.

Walaupun tak hadir selama sepuluh hari belakangan ini, Angie tetap memantau kinerja bawahannya. "Ibu selalu kontrol pekerjaan yang saya dan staf lakukan. Beliau memang mempunyai perhatian yang sangat besar," tekan Ridhwan.

Menurut Ridwan, kepergian Adjie tak akan mengganggu tanggung jawabnya di komisi X. "Ya insya Allah tidak ya, karena di kantor kami tahu disiplinnya beliau, ketegasan beliau, tanggung jawabnya beliau sebagai anggota dewan, hp-nya pun selalu aktif menerima aspirasi masyarakat khususnya dari daerahnya pemilihannya (dapil)," ujar Ridhwan.

Ridhwan juga yakin jika Angie bisa memegang amanat rakyat di tengah musibah yang menimpanya. "Beliau itu bisa membedakan mana yang memang pekerjaan, dan mana yang personal. Jadi walau pun beliau sedang berduka, beliau sms 'gimana kabar kantror' bahkan pada setelah tahlilan, ibu pasti tetap bertanya," tutupnya.


Angie: Adjie Ingin Keanu Main Bola Sabtu, 19 Februari 2011 | 19:54 WIB

Keanu Jabbar Massaid, berada di lapangan sepak bola. Almarhum ayahnya, Adjie Massaid, berharap dia suatu hari kelak menjadi pemain bola.

Almarhum Adjie Massaid ternyata meninggalkan cita-citanya untuk mengembangkan dunia sepak bola Indonesia melalui putranya, Keanu Jabbar Massaid. Istri Adjie, Angelina Sondakh, yang akhirnya bertutur setelah melalui masa-masa duka cita selama dua minggu mengatakan, Adjie ingin Keanu jago bermain sepak bola nantinya.

"Mas Adjie ingin Keanu main bola. Nanti kalau sudah agak besar, lima tahunlah, diperkenalkan pada bola," tutur Putri Indonesia 2001 ini di sela pertandingan sepak bola yang digelar Trisakti FC untuk mengenang Adjie di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (19/2/2011).

Menurut Angie, Adjie sebenarnya sudah mengenalkan sepak bola kepada Keanu semasa hidupnya. Saat Adjie yang menjadi manajer tim nasional U-23 harus mengikuti jalannya pertandingan, Adjie selalu ingin Keanu dan Angie ikut menonton. Angie mengaku lumayan tahu seluk-beluk sepak bola, termasuk teknik-teknik dasarnya melalui Adjie yang gemar mengajaknya berdiskusi.

Begitu pula ketika momen Piala Dunia lalu, Adjie selalu mengajak dia menonton. Mengenai harapan Adjie kepada Keanu, Angie tak mau terlalu memaksa. Menurut dia, Keanu akan dia perkenalkan pada sepak bola. Namun, Angie ingin putra kandungnya dari Adjie itu nanti memilih jalannya sendiri.

"Saya enggak mau overprotektif. Enggak baik untuk anak. Saya akan mencoba memberi saluran yang terbaik. Dia yang pilih nanti. Kita, kan, wajib hukumnya kasih yang terbaik," ucapnya.

Anggota Komisi X DPR ini mengaku, Keanu kini menjadi sumber semangatnya setiap pagi. Angie pun terkenang pesan Adjie kepadanya untuk mendidik Keanu sebaik-baiknya.

"Keanu setiap pagi selalu membangkitkan semangat saya. Dia terlalu kecil untuk ditinggal dan saya harus berusaha keras untuk mendidiknya. Mas Adjie pernah bilang kepada saya, 'Angie, Keanu itu harus dididik yang benar, dia akan jadi kakak adik-adiknya nanti.'" tutur Angie.

Tidak ada komentar: