Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: KOMODO SEBAGAI MASKOT

Minggu, 26 September 2010

KOMODO SEBAGAI MASKOT

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO
Binatang komodo dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi maskot pelaksanaan kejuaraan internasonal "Asian Australasian Oceanian (AAO) Waterski, Wakeboard and Barefoot 2010" di Danau Sunter Jakarta 5-10 Oktober yang akan datang.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia (PB PSASI) Laksamana TNI Agus Suhartono di Jakarta, Sabtu mengatakan, penggunaan maskot komodo sebagai bentuk peran serta dalam mensukseskan Taman Nasional Komodo agar menjadi satu dari "New Seven Woders of Nature".

"Semuanya harus ikut mendukung termasuk kita. Maskot ini diberi nama Mr. Komodo," katanya di sela acara peluncuran AAO 2010 di Danau Sunter, Jakarta.

Menurut dia, melalui AAO diharapkan Taman Nasional Komodo lebih dikenal masyarakat dunia, sehingga pada 11 November 2011 yang akan datang bisa ditetapkan oleh Unesco sebagai salah satu keajaiban dunia.

AAO 2010, yang salah satu tujuannya untuk membuktikan kemampuan atlet sebelum turun di ABG juga untuk mengembalikan pengakuan dunia terhadap peran Indonesia di tingkat internasional, diikuti oleh 116 atlet dari 17 negera.

"Persaingan di kejuaraan ini pasti ketat. Mereka yang akan tampil adalah atlet-atlet terbaik di negaranya," kata calon Panglima TNI itu.

Ketua Panitia AAO 2010 Laksma TNI Didit Herdiawan mengatakan, persiapan yang dilakukan telah berjalan sesuai peraturan yang berlaku karena untuk lokasi kejuaraan harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan.

"PH air juga diukur oleh tim penguji. Selain itu lokasi harus dekat dengan hotel. Dengan demikian Danau Sunter telah tepat untuk menggelar kejuaraan intenasional karena telah memenuhi syarat," katanya saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan pada kejuaraan intenasional yang juga digunakan untuk ujicoba Asian Beach Games (ABG) itu akan dipertandingan tiga nomor yaitu ski air, wakeboard dan barefoot dengan merebutkan 15 medali emas.

Sementara itu, Sekjen PB PSASI Danny Boestami mengatakan dari 17 negara yang berperan serta pada kejuaraan tersebut, tiga negara akan menjadi lawan terberat tim tuan rumah yaitu Korea, Jepang dan Cina.

"Kami berharap atlet bisa bermain maksimal. Peluang untuk merebut medali emas tetap terbuka," katanya.

Atlet tuan rumah yang akan turun di AAO 2010 diantaranya Febrianto (DKI), Carlos Pengemanan (Bali) dan Nadia Sinaga (Kepri) untuk nomor wakeboard.

Untuk slalom (ski air) yang akan menurunkan di antaranya Fatdaud Wangka, Ade Hermana dan Ummu Toyibatun Solikah. Sedangkan pada nomor barefoot Indonesia akan menurunkan antara lain Sudinsa, Arif Palulu dan Dicky Mario.

Tidak ada komentar: