Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MUNGKIN INI KEBANGKITAN INDONESIA

Sabtu, 25 Desember 2010

MUNGKIN INI KEBANGKITAN INDONESIA

INDONESIA GLOBAL

WAWANCARA DENGAN PELATIH MALAYSIA

Pelatih Malaysia, K Rajagopal.
 Pelatih Malaysia, K Rajagopal, mengaku tak pernah mengira bertemu Indonesia pada final Piala AFF 2010. Meski begitu, dia tak gentar menghadapi Firman Utina dkk, walau sempat dikalahkan 1-5 pada babak penyisihan Grup A.
Rajagopal menjadi pelatih yang sedang naik daun, setelah tahun lalu membawa Malaysia juara SEA Games. Ia mengatakan, timnya sudah menemukan permainan terbaik dan siap menghadapi dua leg partai final di Stadion Bukit Jalil pada hari Minggu (26/12/2010) dan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Rabu (29/12/2010). Berikut hasil wawancara Starsport dengan Rajagopal.
Apakah Anda sejak awal sudah mengharapkan partai final adalah Malaysia lawan Indonesia?
Sejujurnya, saya ragu itu akan terjadi. Ini mengingatkan saya tentang pengalaman saat SEA Games (2009) di Vientiane (Vietnam). Saat itu, kami juga kalah 1-3 dari Vietnam di penyisihan dan kemudian mengalahkan mereka 1-0 pada final. Saya merasakan hal sama sekarang. Kami kalah dari Indonesia (1-5) pada babak penyisihan grup dan sekarang kami berharap yang terbaik saat final.
Indonesia tampil sempurna pada babak penyisihan dan menunjukkan punya serangan dan pertahanan yang baik. Indonesia memasukkan 15 gol dan hanya kemasukan dua gol. Pendapat Anda?
Saat ini, statistik memang penting. Tapi, saya bukan orang yang hanya semata-mata mengandalkan kerja berdasarkan statistik. Saya tak peduli dengan apa yang terjadi 20 tahun lalu. Indonesia telah bermain dengan baik. Tapi, harus diingat bahwa lima pertandingan Indonesia dilakukan di kandang sendiri di Jakarta. Tentu, Indonesia menikmati keuntungan ini. Yang terpenting bagi saya adalah apa yang terjadi sekarang. Kita akan lihat nanti.
Apa yang akan dilakukan tim Anda pada pertandingan "leg" kedua di Jakarta, 29 Desember nanti?
Tentu, memenangkan pertandingan! Yang saya inginkan adalah kemenangan. Saya ingin seperti Indonesia yang mampu mengalahkan Filipina 1-0 dalam dua pertandingan semifinal. Saya menginginkan pemain kami bermain bagus di depan suporter kami dan mencegah Indonesia mencetak gol partai tandang. Jika ini terjadi, maka saya akan lebih bahagia.
Apa pendapat umum Anda tentang Indonesia?
Mereka juga punya tradisi sepak bola. Persaingan di antara kami selalu menarik. Bahkan, kami sering kesulitan melawan Indonesia. Tapi, seperti kami, Indonesia juga pernah menderita dalam sepak bola. Tapi, mereka sedang dalam bentuk permainan terbaik. Terbukti, mereka mampu masuk final. Mungkin, ini juga kebangkitan sepak bola Indonesia.
Yang mana pertandingan terbaik Malaysia dalam turnamen ini?
Titik tolaknya adalah melawan juara tiga kali Thailand, di mana kami mampu menahan imbang 0-0. Saya masih yakin Thailand masih tim terkuat di Piala AFF. Kemudian, pertandingan kami lawan Laos. Para pemain juga tampil bagus lawan Vietnam. Pertandingan lawan Thailand dan Vietnam sangat menentukan.
Apakah Anda percaya bisa mengalahkan Indonesia pada final Piala AFF?
Para pemain punya kemampuan untuk itu. Saya katakan hal yang sama saat melawan Vietnam pada semifinal. Ya, kami bisa merasakannya. Anda bisa melihat semangat dari para pemain untuk tampil ngotot pada Piala AFF. Kualitas pertarungan mereka dan sikap tak mau kalah telah membawa kami pada langkah sejauh ini. Kami harus melakukan ini lagi.

Tidak ada komentar: