Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: ADAKAH CALON GUBERNUR DARI KERINCI

Rabu, 09 Juni 2010

ADAKAH CALON GUBERNUR DARI KERINCI

Menunggu Munculnya Jago TUNGGAL Kerinci di PilgubJudul berita di atas, tepat rasanya dimunculkan dalam tulisan ini. Maklum, hingga Jumat, tanggal 22 Januari 2010 yang jika dilihat dari jadwal dan tahapan Pilgub Jambi 2010 yang berarti kurang dari dua bulan menjelang masa pendaftaran Cagub ke KPU Provinsi Jambi yang dimulai pada 18 Maret 2010, belum juga ada kejelasan siapa figur alias jago tunggal putera terbaik Provinsi Jambi asal Kabupaten Kerinci yang akan diusung di Pilgub Jambi 2010. Padahal, nama-nama sejumlah tokoh Provinsi Jambi asal Kabupaten Kerinci yang mencuat untuk maju di Pilgub Jambi 2010 sudah lama mengemuka. Mereka antara lain Ir. H. Ami Taher (mantan anggota DPR RI dari PKS), Drs. H. M. Rahman (Wakil Bupati Kerinci), Prof. DR. H. Sudirman M Johan MA (guru besar di Riau), Drs. H. Muradi Darmansyah (anggota DPR RI dari Hanura), DR. H. Rizal Djalil MM, Nuzran Joher SAg (staf ahli Ketua DPR RI) dan Drs. H. Hasani Hamid (mantan Wakil Bupati Kerinci). Jika mau ditambahkan ada sederet nama lagi yang kebetulan berasal dari akademisi yaitu antara lain Prof. DR. Aulia Tasman, MSc (Pembantu Rektor IV Universitas Jambi), Prof. DR. H. Firwan TAN SE DEA,Ing (guru besar di Universitas Andalas dan mantan ketua Bappeda Provinsi Jambi), Prof. DR. H. Samsurijal Tan MA (guru besar Universitas Jambi), Prof. DR. Khairinal MSi (guru besar Universitas Jambi) dan Prof. DR. H. Asafri Jaya Bakri MA (ketua STAIN Kerinci). Ya, cukup banyak tokoh-tokoh Provinsi Jambi asal Kerinci yang layak dan pantas diusung di Pilgub Jambi baik sebagai nomor satu apalagi sebagai orang kedua alias kandidat calon wakil gubernur.
Di tengah belum adanya kejelasan siapa figur putera terbaik Provinsi Jambi asal Kerinci yang akan diusung, di sisi lain, kandidat Cagub Jambi di luar Kabupaten Kerinci, sudah semakin jelas siapa saja yang bakal bertarung di Pilgub Jambi yang digelar 19 Juni 2010 merebut kursi yang kini dijabat Zulkifli Nurdin. Setidaknya sudah ada empat kandidat Cagub di luar Kerinci yang sudah memiliki parpol pengusung. Mereka yaitu Hasan Basri Agus (Bupati Sarolangun), Hazrin Nurdin (pengusaha yang juga adik kandung Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin), Madjid Muaz (Bupati Tebo) dan Safrial (Bupati Tanjungjabung Barat). Siapa pendamping dari masing-masing empat kandidat Cagub tersebut, hingga kini belum ada kejelasan. Sedangkan untuk jalur perseorangan, belum ada kejelasan siapa figur yang benar-benar serius akan mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Jambi yang dimulai pada awal Pebruari 2010.
Jika fenomena semakin jelasnya kandidat Cagub yang mengerucut menjadi empat jago yang ditandai dengan jelasnya partai pengusung dikaitkan dengan siapa putera TUNGGAL terbaik Provinsi Jambi asal Kerinci yang akan berpasangan dengan diantara empat Cagub tersebut, sangat menarik untuk dikaji. Apakah putera TUNGGAL terbaik Provinsi Jambi asal Kerinci akan berpasangan dengan Hazrin Nurdin atau berpasangan dengan Madjid Muaz atau berpasangan dengan Hasan Basri Agus atau berpasangan dengan Safrial? Jawaban ini yang belum ada untuk saat ini. Dan bisa jadi pula, putera TUNGGAL terbaik Provinsi Jambi asal Kerinci tidak ada berpasangan (Cawagub) dengan satu pun Cagub yang bertarung di Pilgub Jambi 2010. Terlepas dari itu semua, yang jelas kekuatan politik Kerinci dalam artian suara rakyat Kerinci sangat menentukan dalam peta Pilgub Jambi 2010 jika rakyat Kerinci benar-benar bisa satu suara (100%) atau paling tidak dukungan sebagian besar rakyat Kerinci mengerucut kepada salah satu kandidat.
Maklum, suara rakyat Kerinci termasuk di dalamnya Kota Sungaipenuh yang ada dalam kawasan Kerinci sangat signifikan jumlahnya yang pada Pemilu DPR 2009 lalu mencapai yakni 251.641 pemilih dari total pemilih Provinsi Jambi 2.086.780 pemilih. Belum lagi jika dihitung suara rakyat Provinsi Jambi yang merupakan kerturunan Kerinci atau memiliki ikatan emosional dengan warga Kerinci yang banyak pihak dinilai jumlahnya sama dengan warga Kerinci yang berdomisili di Kerinci. Jika benar demikian, berarti suara rakyat Kerinci secara keseluruhan mencapai 500 ribu lebih yang berarti hampir 25 persen pemilih dari total pemilih se Proivinsi Jambi. Jika kekuatan suara rakyat Kerinci baik mereka yang berdomisili di Kerinci maupun di luar Kerinci (Kota Jambi, Batanghari, Muarojambi, Tanjungjabung Barat, Tanjungjabung Timur, Tebo, Bungo, Sarolangun dan Merangin) mengerucut mendukung pada figur tertentu, ini merupakan kekuatan politik yang mumpuni, dahsyat dan sangat perlu diperhitungkan.
Sebagai ilustrasi dapat dilihat dari fenomena Pemilu DPR, DPD dan DPRD yang digelar 9 April 2009 khusus untuk suara Pemilu Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Kabupaten Kerinci, hampir 50 persen suara rakyat Kerinci memilih calon DPD asal Kerinci. Angkanya yaitu dari 145.661 suara sah DPD di Kerinci, sebanyak 69.967 memilih 7 calon DPD asal Kerinci. Untuk diketahui ada juga calon DPD lainnya yang memiliki ikatan emosional dengan masyarakat Kerinci yang tidak masuk dalam hitungan 7 calon DPD asal Kerinci. Dari tujuh calon DPD itu mereka mendapatkan suara di luar Kerinci secara geografis yaitu sebesar 62.789 suara yang tersebar di delapan kabupaten lainnya dan Kota Jambi. Adapun rincian suara calon DPD asal Kerinci di Kerinci terbanyak pertama diraih Hoesny Hasan sebanyak 17.900 suara dari total se Provinsi Jambi 25.014 suara; terbanyak kedua Nizam Hasan 17.426 suara dari total se Provinsi Jambi 27.607 suara; ketiga Saiful Roswandi 16.621 suara dari total suara se Provinsi Jambi 20939; keempat Jaya Kasumantri 8.317 suara dari total suara se Provinsi Jambi 17.449 suara; kelima Yusmanidar 5.250 suara dari total suara se Provinsi Jambi 11.761 suara; keenam Syulfah Sari Dewi Syam 2.685 suara dari total suara se Provinsi Jambi 15.975 suara; ketujuh Adhi Putra Siaga 1.768 suara dari total suara se Provinsi Jambi 14.011 suara.
Ya, kita lihat saja nantinya. Apakah benar-benar putera TUNGGAL terbaik Provinsi Jambi asal Kerinci akan muncul di Pilgub Jambi baik sebagai orang nomor satu ataupun sebagai orang kedua. Kita tunggu saja. Ya, kata kuncinya, Kapan Jago Tunggal Cagub Jambi Asal Kerinci Muncul? Apakah bisa di ajang Pilgub Jambi 2010, ataukah di ajang Pilgub Jambi periode lima tahun berikutnya

Tidak ada komentar: