Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MONETER Naik, Utang Publik Perancis

Kamis, 01 Juli 2010

MONETER Naik, Utang Publik Perancis

MONETER
Naik, Utang Publik Perancis
Kamis, 1 Juli 2010 | 01:35 WIB
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi.

PARIS, Utang publik Perancis meningkat tajam pada kuartal pertama tahun ini menjadi 80,3 persen dari produk domestik bruto, perkiraan resmi menunjukkan pada Rabu (30/6/2010), di tengah keprihatinan mendalam di pasar tentang keuangan publik zona euro.

Kantor statistik INSEE mengatakan dalam sebuah perkiraan pertama pada akhir Maret, utang sektor publik meningkat sebesar 46,5 miliar euro (56,7 miliar dollar AS) dari angka untuk kuartal sebelumnya menjadi 1.535,5 triliun euro.

Berdasarkan aturan Uni Eropa, utang tidak boleh melebihi 60 persen dari produk domestik bruto.

Menteri Keuangan Christine Lagarde dan Menteri Anggaran Francois Baroin mengatakan dalam pernyataan bersama bahwa kenaikan utang adalah "terkait dengan kebijakan stimulus" yang diberlakukan dalam menanggapi krisis keuangan 2008. "Perancis menerbitkan obligasi publik dalam kondisi terbaik di pasar keuangan," katanya, mencatat bahwa obligasi Prancis diklasifikasikan dalam kategori "paling aman".

Perancis telah sangat terpengaruh sejauh ini oleh tekanan pasar baru-baru ini atas pengeluaran berlebih (overspending) pemerintah tetapi telah mengumumkan tindakan keras untuk memperbaiki keuangannya, seperti yang telah banyak dilakukan pemerintah Eropa lainnya.

Tidak ada komentar: