Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: Efek Menular Konflik Korea Mengkhawatirkan

Kamis, 25 November 2010

Efek Menular Konflik Korea Mengkhawatirkan

INDONESIA GLOBAL
 
Kepulan asap menjulang di Pulau Yeonpyeong, yang menjadi wilayah sengketa antara Korea Utara dan Korea Selatan, Selasa (23/11/2010). Asap tersebut menandai serangan di wilayah laut kuning, oleh pihak militer Korea Utara.

Situasi di Korea Selatan (Korsel) memanas menyusul serangan militer Korea Utara (Korut) terhadap negara tetangganya itu. Meski muncul potensi perang, kemungkinan lain yang lebih dikhawatirkan yakni efek menular dari konflik tersebut. Demikian dikatakan ekonom Universitas Gadjah Mada, Sri Adiningsih, seusai Seminar Nasional Akhir Tahun Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jawa Barat di Bandung, Rabu (24/11/2010). Perekonomian Korsel termasuk besar di Asia. Jika terjadi perang, maka negara-negara di sekitar wilayah konflik akan terkena imbasnya.
"Indonesia juga mengekspor ke Korsel melalui negara-negara lain. Perang bisa mengganggu ekspor Indonesia yang melalui negara-negara itu. Misalnya, China. Lalu, Jepang sudah bersiap-siap dengan berbagai rencana. Rusia juga mempertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan," katanya.
Faktor lain yang dikhawatirkan yakni krisis di Eropa juga akan meluas. "Irlandia tengah mengalami krisis utang yang bisa merembet ke negara-negara lain. Spanyol dan Portugal, misalnya, sedang kesulitan uang. Di Yunani sudah terjadi. Krisis dikhawatirkan menular," ujarnya.

Tidak ada komentar: