Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: GUNA NYA ORANG MENDESAH

Senin, 24 Januari 2011

GUNA NYA ORANG MENDESAH



INDONESIA GLOBAL

Jakarta, Bisa jadi desahan petenis cantik asal Rusia Maria Sharapova adalah yang terbilang cukup fenomenal. Karena konon desahan yang bunyinya mencapai 101 desibel itu bisa merusak konsentrasi lawan main. Sebenarnya untuk apa orang mendesah?

Ternyata mendesah itu penting seperti bisa mengatur sistem pernapasan dengan volume oksigen yang lebih besar, suara desahan juga membuat bisa membuat orang merespons cepat hal-hal yang tak terduga, menghilangkan stres hingga membuat gembira.

Para peneliti mempelajari pola pernapasan seseorang dan berpikir bahwa alasan seseorang mendesah karena berhubungan dengan sistem pernapasannya.

Salah satu alasannya adalah untuk mengatur ulang pola pernapasan yang rusak dan juga menjaga sistem pernapasannya tetap fleksibel.

Peneliti dari University of Leuven di Belgia melakukan studi untuk mencari tahu perubahan tertentu selama seseorang mendesah serta untuk menentukan fungsi dari mendesah itu sendiri.

"Hasil kami menunjukkan bahwa dinamika pernapasan berbeda sebelum dan sesudah seseorang mendesah. Kami berhipotesis bahwa mendesah bertindak sebagai pengatur kembali sistem pernapasan secara umum," ujar Elke Vlemincx yang dilaporkan dalam jurnal Biological Psychology, seperti dikutip dari News.discovery.com, Senin (24/1/2011).

Hipotesis pengaturan kembali sistem pernapasan didasarkan pada gagasan bahwa bernapas adalah sistem yang dinamis dan tidak bisa terpisahkan. Yang dengan segala macam faktor internal dan eksternal berupaya mengubah berapa banyak oksigen yang dibutuhkan untuk menjaga paru-paru tetap sehat dan bisa bekerja.

Beberapa manfaat untuk apa orang mendesah:

1. Suara desahan yang keluar sangat penting karena memungkinkan tubuh untuk belajar bagaimana merespons secara fleksibel sesuatu yang tidak terduga. Mendesah didefinisikan dua kali lebih besar dari volume napas.

2. Orang mendesah untuk mengekspresikan perasaannya karena merasa frustasi atau stres, bosan dengan sesuatu, sedih, gembira, lelah atau saat seseorang sedang merasa sangat emosi, tergantung pada kondisi yang dialaminya saat itu.

3. Saat sedang stres maka desahan yang keluar bisa mengatur ulang sistem pernapasan dan melonggarkan kantung udara paru-paru atau alveoli yang disertai dengan sensasi lega.

4. Dan buat perempuan desahan sering dikaitkan dengan sesuatu yang sensual, karena akan membuat perempuan terlihat sifat sensualnya.

Namun di sisi lain mendesah terlalu banyak bisa menyebabkan kebisingan yang dapat membuat kerusakan sistem. Desahan yang terlalu banyak menunjukkan gejala hiperventialsi seperti pusing dan mati rasa pada kaki

Tidak ada komentar: