Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MASAK YUK: KEPITING BAKAR ASAP RANDUSANGA

Senin, 03 Januari 2011

MASAK YUK: KEPITING BAKAR ASAP RANDUSANGA

INDONESIA GLOBAL


Pernah dengar tentang enaknya kepiting asap? Beberapa bulan lalu, ayah saya pulang membawa kepiting asap. Hmm..., awalnya saya tidak terlalu tertarik, tetapi begitu saya coba bumbunya, waaahhh enak sekali, agak pedas dan terasa wangi daun kemangi. Bumbunya sangat menggugah selera makan saya.

Ketika beberapa hari lalu saya ke Cirebon, Jawa Barat, saya ajak ayah saya makan di Randusanga, Brebes, Jawa Tengah, karena saya masih penasaran dengan tempatnya dan ingin mencicipi kepiting asap yang masih panas. Kepiting asap yang kami makan waktu itu berasal dari rumah makan Bapak Slamet, yaitu Gusti Cafe. Randusanga terletak di Kompleks Pariwisata PARIN Brebes. Tidak sulit menemukan lokasinya. Ada papan petunjuk yang menunjukkan jalan masuk ke Gusti Cafe ini.

Dari jalan raya Brebes-Tegal, nanti ada papan petunjuk "Seafood Gusti" dengan tanda panah, masuk ke jalan gang sekitar 1 kilometer menuju taman wisata Randusanga. Tenang, jalannya cukup untuk dilalui mobik, kok.

Sepanjang jalan masuk banyak rumah makan yang menyajikan kepiting asap, tetapi kami tetap pada tujuan, Gusti Cafe. Untuk mencapainya, kami harus masuk daerah wisata Randusanga terlebih dahulu. Tiket masuknya hanya Rp 1.500 per orang. Begitu masuk daerah wisata ini, langsung terlihat pantai utara dan pasir hitamnya. He-he..., bukan pasir putih lho..., tetapi cukup bersih, kok.

Begitu sampai, Bapak Slamet langsung menyapa ayah saya dan kami ngobrol sebentar sambil dia merekomendasikan beberapa menu andalannya. Pak Slamet menyarankan kepiting asap (pastinya), udang bakar madu, kepiting saus padang, dan ikan kanang bakar. Yup, kami pesan semua yang dia rekomendasikan. Namun, khusus kepiting asap, kami pesan dua ekor karena kami sudah tahu kelezatannya. O, iya, ada juga bandeng lumpur, tetapi kami tidak sempat mencobanya karena sudah terlalu banyak lauknya.

Begitu kepiting asap kami datang, saya langsung mencobanya. Satu kata untuk kepiting asapnya, uenaaaak! Kepiting yang dipilih Pak Slamet ini berukuran sedang. Jadi, dagingnya sangat segar dan manis.

Menurut saya, ini kepiting paling enak yang pernah saya makan. Kepiting saus padangnya pun sangat enak, pedas, dan segar. Udang bakar madunya top banget. Apalagi ikan kanang bakarnya, lezat.... Wah, saya kehabisan kata-kata nih untuk menggambarkan enaknya seafood di tempat Pak Slamet ini. Silakan Anda coba sendiri. Harganya pun sangat terjangkau

Tidak ada komentar: