Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MENGAPA DI SELURUH NEGARA HARGA iPad 2 BISA MURAH ?

Selasa, 08 Maret 2011

MENGAPA DI SELURUH NEGARA HARGA iPad 2 BISA MURAH ?

INDONESIA GLOBAL
tanya

Mengapa Di Seluruh Negara Harga iPad 2 Bisa Murah?



iPad 2 (apple)

Salah satu daya tarik dari Apple iPad 2 adalah harganya yang relatif murah, mulai USD 499 atau kurang dari Rp 5 juta. Dan sejauh ini, tampaknya belum ada rival Apple dari kalangan vendor besar mampu menjangkau harga serendah itu. Timbul pertanyaan, mengapa harga iPad bisa lebih rendah?

Motorola Xoom dan Samsung Galaxy Tab 10,1, dua pesaing yang dinilai pantas menandingi iPad 2, memiliki harga lebih tinggi. Xoom telah dijual dengan harga USD 799. Sedangkan banderol Galaxy Tab, meski belum resmi diumumkan, kabarnya dijual pada kisaran harga mulai USD 600.

Lusinan tablet dari pabrikan besar lain bersiap pula memasuki pasar. Sebut saja HP TouchPad, HTC Flyer, BlackBerry PlayBook atau LG Optimus Pad. Namun diperkirakan, harganya pun bakal melampaui iPad 2.

"Ada sekitar seratus tablet kompetitif yang diperkenalkan sejak iPad datang. Namun rasanya belum ada satupun yang bisa mengatasi atau bahkan menyamai Apple dalam soal harga," ujar Toni Sacconaghi, analis di Sanford C. Bernstrein.

'Rahasia' Apple

Lalu, apa alasannya Apple bisa menekan harga iPad 2? Para analis menganggap bahwa ketersediaan uang tunai Apple yang banyak -- diperkirakan USD 60 miliar, memungkinkan mereka menjalin kemitraan strategis dengan penyedia komponen. Jadi, mereka membeli barang dengan kuantitas besar dan mendapat harga murah.

Sacconagh menambahkan, Apple mungkin pula melakukan subsidi harga pembuatan iPad dengan uang yang mereka raup dari App Store. Dengan uang sekitar USD 1 miliar per tahun yang mereka dapat dari App Store, Apple bisa menurunkan margin laba di iPad 2 tanpa takut keuntungannya berkurang banyak.

Di sisi lain, Motorola pun menerangkan mengapa harga tablet Xoom cukup mahal. Mereka menyatakan, fitur hardware Xoom yang mumpuni dan kemampuan seperti 4G membuat harga USD 799 dinilai wajar saja.

"Harga Xoom sudah tepat. Kami membanderol Xoom berdasarkan apa yang kami tawarkan untuk konsumen," ucap Alain Mutricy, Senior Vice President for Mobile Devices Motorola, dikutip detikINET dari New York Times, Selasa

Tidak ada komentar: