Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: PKS LEBIH BAGUS BERADA DI LUAR PEMERINTAHAN

Senin, 07 Maret 2011

PKS LEBIH BAGUS BERADA DI LUAR PEMERINTAHAN

INDONESIA GLOBAL


PKS Lebih Bagus di Luar Pemerintahan?
Ada plus-minusnya. Plusnya, basis massa PKS akan menjadi solid.
Senin, 7 Maret 2011, 10:40 WIB

Kampanye Akbar PKS

Rumor Partai Keadilan Sejahtera dikeluarkan dari kabinet semakin santer. Sejumlah politikus Demokrat memastikan kader PKS yang jadi menteri akan terkena perombakan.

Apa yang terjadi jika PKS tak lagi berada di Pemerintahan? Peneliti senior Lembaga Survei Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, menyatakan ada plus-minus tersendiri buat PKS.

Secara internal, kata Burhan, berada di luar pemerintahan akan mensolidkan mereka. "PKS akan mendapatkan dukungan penuh dari basis pemilih mereka," kata Burhan saat diwawancara VIVAnews, Senin 7 Maret 2011.

Burhan mendasarkan pendapatnya ini pada survei terakhir LSI pada Desember 2010 lalu. LSI menemukan pemilih PKS merupakan yang terbanyak dibanding partai-partai koalisi lainnya yang merasa tidak puas pada pemerintah. "Bisa dikatakan, pemilih PKS paling kritis di antara partai-partai koalisi," kata Burhan.

"Itu sebabnya," kata Burhan, "PKS sering akrobatik. Tujuannya ya itu, menjaga basis massanya."

Namun, Burhan tak tahu apakah posisi 'oposisi' akan meningkatkan daya pikat elektoral PKS. Pengalaman PKS [saat itu Partai Keadilan] beroposisi selama dua tahun di masa Pemerintahan Megawati Soekarnoputri kurang memadai dijadikan rujukan pengalaman oposisi.

"Selama ini, magnet elektoral oposisi ini dipegang PDIP," kata Burhan. "Jika masyarakat tidak puas dengan pemerintah, maka mereka memilih PDIP. Jika masyarakat puas, maka Partai Demokrat yang dipilih."

Namun yang pasti, jika memang PKS keluar dari pemerintah, momentum ini harus dimanfaatkan PKS untuk menarik pemilih baru.

Minus jika keluar dari pemerintah, jelas Burhan, PKS bisa saja kesulitan mencari sumber daya finansial. Posisi di pemerintahan, kata Burhan, lebih membuka peluang bagi PKS untuk mencari sumber daya keuangan di tengah sistem politik yang oligarkis dan kapitalistik ini. "Artinya, jika mereka beroposisi, PKS harus kreatif mencari sumber pendanaan alternatif," kata Burhan.

Tidak ada komentar: