Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: TABUNG GAS 3 KG SIAP DI SEBAR KAN

Jumat, 12 November 2010

TABUNG GAS 3 KG SIAP DI SEBAR KAN

INDONESIA GLOBAL

Pertamina sudah menyiapkan 120 ribu tabung gas 3 kilogram untuk program konversi minyak tanah ke gas di Jambi. Program tersebut akan dilaksanakan pada Januari 2011 mendatang.

Dari 120 ribu tabung itu, sekitar 84 ribu tabung akan disebarkan di Kota Jambi dan akan segera didistribusikan. Namun, untuk memulai mendistribusikan tabung gas beserta perangkat lainnya itu, pihak Pertamina masih menunggu pengadaan jumlah tabung gas hingga sekitar 600 ribu lebih tabung untuk total penduduk Provinsi Jambi sebanyak 614. 457 kepala keluarga (KK).

Hal ini disampaikan Asistent Manager External Relation PT Pertamina Unit Pemasaran BBM Retail Region II Palembang, Roberth MV, kepada Tribun, Rabu (10/11). Ia mengatakan, saat ini masih dilakukan pencacahan dan sosialisasi secara simultan atau bersamaan. Saat ini pencacahan dan sosialisasi baru dilakukan di 50 desa yang tersebar di Provinsi Jambi, utamanya adalah Kota Jambi.

"Sosialisasi dilakukan secara bertahap di tiap lokasi, supaya lebih jelas," katanya. Jadi, diakuinya masih banyak daerah yang belum mendapatkan sosialisasi tentang pemakaian tabung gas 3 kg ini.

Terkait program konversi ini, Roberth juga menegaskan bahwa pihak Pertamina belum melakukan penarikan terhadap keberadaan minyak tanah. Selain itu, pihak Pertamina juga belum satu pun mendistribusikan tabung gas 3 kg.

Dia menjelaskan, jumlah tabung gas 3 kg yang sudah ada sebanyak 120 ribu, belum bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat. Karena itu, pihak Pertamina masih menunggu hingga jumlah tabung ada sebanyak sekitar 600 ribu lebih sebagai estimasi awal dalam proses pendistribusian tabung gas 3 kg.

Sementara menurut Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Jambi Muharman Nopriansyah, pemerintah akan melakukan sosialisasi atas rencana konversi minyak tanah ke gas di Kota Jambi hingga akhir Desember nanti. Tim sosialisasi terdiri dari konsultan, pemerintah kota, pemerintah pusat dan dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral.

Menurutnya, tim tersebut akan menyosialisasikan secara keseluruhan seperti pemakaian regulator dan antisipasi kecelakaan tabung gas. Mereka akan melakukan sosialisasi hingga masyarakat mengetahui secara jelas penggunaan tabung gas. "Sosialisasi juga akan dilakukan oleh aparat pemerintah mulai dari tingkat RT," katanya.

Sebanyak 84.809 tabung gas akan siap didistribusikan kepada masyarakat yang berada di wilayah Kota Jambi. Mengenai pendistribusian, Nopriansyah belum tahu kepastiannya. "Setelah adanya pendataan dan sosialisasi ke masyarakat baru akan didistribusikan," katanya.

Tidak ada komentar: