Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: AKHIR TAHUN DIPERKIRAKAN BANJIR DI JAMBI

Senin, 08 November 2010

AKHIR TAHUN DIPERKIRAKAN BANJIR DI JAMBI

JAMBI GLOBAL
Diprediksi akhir tahun waktu debit air Sungai Batanghari mengalami kenaikan dan berpotensi terjadinya banjir di wilayah Kota Jambi, terutama daerah-daerah yang berada di bantaran Sungai Batanghari.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya bulan November, dan Desember debit air sungai naik dan berpotensi banjir. Walaupun begitu belum pasti juga karena cuaca sekarang ini sulit diprediksi, dan tidak menentu," kata Syarudin Petugas Pemantau Ketinggian Air Sungai Batanghari, kepada Tribun. Minggu (7/11).

Menurut pria yang akrab dipanggil Udin ini, bertambahnya debit air Sungai Batanghari karena di bulan-bulan tersebut ketinggian air laut daerah hilir Sungai Batanghari meningkat, selain itu di bulan-bulan tersebut curah hujan semakin bertambah. "Air sungai naik banyak dipengaruhi kalau laut pasang, walaupun daerah hulu curah hujan tinggi kalau air laut tidak pasang debit air tidak naik," kata Udin.

Menurut pantauan Syahrudin walaupun hujan akhir-akhir ini terus mengguyur wilayah- wilayah Provinsi Jambi namun hal tersebut tidak mempengaruhi debit air Sungai Batanghari. Syahrudin mengatakan ketinggian air saat ini hanya berkisar 10 meter, "Pagi ini ketinggian air hanya mencapai 9,95 meter stabil tidak ada kenaikan maupun penurunan dibandingkan kemarin," jelasnya.

Walaupun ketinggian Sungai Batanghari normalnya adalah 7,30 meter namun ketinggian 10 meter belum dikategorikan siaga. "Kalau ketinggian sudah mencapai 13,85 meter sudah waspada banjir dan kalau sudah 14,87 meter akan ditetapkan siaga satu," ungkap Udin. Menurutnya tahun ini di bulan April lalu ketinggian sudah mencapai 13 meter namun tidak berlangsung lama karena air kembali surut.

Pantauan Tribun sungai terpanjang se Sumatera ini terlihat tenang, permukaan air tepat di angka 10 meter di pembaca harian papan duga muka air Tanggo Rajo.

Tidak ada komentar: