Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: MASYARAKAT JANGAN TERMAKAN PROVOKASI

Minggu, 07 November 2010

MASYARAKAT JANGAN TERMAKAN PROVOKASI

JAMBI GLOBAL

Camat Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Yalkasni mengingatkan warganya agar tidak terprovokasi oleh isu pihak tak bertanggungjawab terkait status dan aktivitas vulkanik Gunung Kerinci.
"Saya sudah imbau warga Kayu Aro agar tetap tenang dan waspada, jangan sampai terprovokasi oleh isu‑isu tak mendasar yang ditiupkan pihak tak bertanggungjawab yang bertujuan menciptakan suasana panik dan memanfaatkan kesempatan," kata Yalkasni di Kerinci, Minggu (7/11).
Menurut dia, Pemkab Kerinci melalui para camat khususnya camat yang wilayahnya dekat dengan Gunung Kerinci, yakni Camat Kayu Aru, Gunung Tujuh dan Gunung Kerinci sudah menginsrtuksikan agar warga tidak cemas.
Pemerintah, secara terus menerus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan petugas di pos pemantau Gunung Kerinci.
"Kita sudah mengumpulkan para kades dan menginstruksikan agar warga tidak panik. Warga hanya diminta waspada dan bersabar menunggu laporan perkembangan aktivitas gunung dari petugas pemantau.
Yalkasni menyatakan warga tetap diperbolehkan beraktivas seperti biasanya, seperti bertani dan berdagang. Hingga saat ini, sama sekali belum ada instruksi atau himbauan resmi dari pemerintah untuk mengungsi atau evakuasi.
Ia juga mengingatkan suasana panik hanya akan merugikan, karena tidak menutup kemungkinan akan selalu ada pihak yang memanfaatkan situasi.
Bisa saja isu dan rumor ditiupkan oleh pelaku kriminal agar masyarakat resah dan meninggalkan rumahnya, selanjutnya mereka beraksi menguras harta seisi rumah.
"Jadi, kita harapkan warga jangan panik walau tetap harus waspada. Jangan sampai terprovokasi atau terhasut oleh pihak‑pihak tak bertanggungjawab yang memang menginginkan situasi kacau.

Tidak ada komentar: