Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: PILKADA TANJAB TIMUR 3 KANDIDAT SIAP BERSAING

Senin, 01 November 2010

PILKADA TANJAB TIMUR 3 KANDIDAT SIAP BERSAING

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO
JAMBI - Sebanyak tiga (3) pasangan kandidat yang maju pada pemilihan kepala daerah (pemilukada) di Kabupaten Tanjab Timur siap bersaing. Hal tersebut, terlihat dari hasil penutupan pendaftaran kandidat pada Sabtu (30/10) lalu, di KPUD Tanjab Timur. Ketiga pasangan yang siap bersaing tersebut, yakni H Saipudin-Kaharudin, Zumi Zola Zulkifli-Ambo Tang serta M Juber-Isroni.

Untuk diketahui, bahwa pasangan pasangan H Saipudin-Kaharudin diusung oleh Partai Hanura yang memiliki tiga kursi di parlemen serta 13 parpol non parlemen. Sementara, pasangan Zumi Zola Zulkifli-Ambo Tang diusung oleh PAN, PDI Perjuangan, PDK, PBB dan PKPB dan terakhir pasangan Juber-Isroni diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS. “Di hari penutupan pendaftaran, hanya tiga pasangan yang mendaftar,” ungkap Ketua KPUD Tanjab Timur Mustaqim, kemarin (31/10).

Terkait agenda selanjutnya, kata dia bahwa pihaknya berencana tanggal 2 November mendatang akan melakukan tes kesehatan. “Insya Allah diperkirakan pada Desember 2010 akan dilakukan penetapan kandidat,” sebutnya.

Disamping itu, sebelum proses penetapan, pihaknya juga tetap akan melakukan verifikasi semua bahan atau berkas pasangan kandidat yang ada. “Untuk perolehan dukungan kursi atau suara semua pasangan kandidat sudah memenuhi persyaratan. Namun, untuk kelengkapan berkas lainnya, kita masih verifikasi dulu,” terangnya.

Terpisah, Cabup Zumi Zola mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan dari parpol yang mempercayai untuk maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 10 Februari 2011 mendatang. “Kita mohon doa dan dukungan dari masyarakat. Jika memang berkenan, kita akan komitmen untuk merealisasikan apa yang kita rencanakan sesuai dengan visi misi kami berdua,” ungkapnya.

Ketika disinggung sejauh mana komitmen untuk merealisasikan visi misi tersebut, kata putra kandung mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin itu, dia tidak akan terlalu banyak mengumbar janji. Umumnya, hampir setiap daerah mengeluhkan tentang persoalan infrastruktur. “Tidak ada sejengkal tanah pun yang tak diperhatikan oleh kami,” tegasnya yang di dampingi Ambo Tang.

Sementara, dengan bergabungnya Juber-Isroni (Jerni) sebagai pasangan kandidat calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup), membuat persaingan pemilihan kepala daerah (pilkada) di Tanjab Timur semain ketat. Apalagi keduanya sebelumnya sama-sama sudah bersosialisasi sebagai calon bupati. Karena itu, merekapun secara resmi meleburkan tim menjadi satu.

“Secara resmi, saya serahkam tim saya ke Pak Juber demi untuk kepentingan bersama,” ujar Isroni dalam pertemuan dengan sejumlah timnya di rumah dinas bupati, Sabtu (30/10) lalu.

Lebih lanjut, dirinya juga membantah setengah hati terkait posisi yang ditempatkannya. Menurutnya, dengan sepakatnya Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS untuk mengusung Juber-Isroni, maka dirinya bersama Juber akan bersama-sama memenangkan Pilkada. “Kami sudah dibilang pasangan duet maut. Karena itu kami optimis bisa memenangkan pilkada,” katanya.

Sementara, Juber mengaku sudah pernah merasakan menjadi wakil bupati. Karena itu, ia tentu bisa memposisikan Isroni sebagai wakil bupati yang sepaket dengannya jika terpilih nantinya. “Tidak perlu tanya orang lan bagaimana jadi wakil bupati. Tanya saya, kalau rasanya pahit, maka saya akan membuat manis bagi Pak Isroni,” katanya.

Ia mengatakan, pengalamannya sebagai wakil bupati tentu menjadi modal baginya untuk mempelajari seluk-beluk pemerintahan. Apalagi ditambah dengan pengalaman sembilan tahun Isroni sebagai Kadis PU. ”Ini kombinasi yang pas,” katanya.

Ketua DPD Partia Golkar Provinsi Jambi Zoerman Manap mengaku akan all out untuk memenangkan kadernya. Menurutnya, jika masyarakat bisa berpikiran jernih, maka mereka tentu akan memilih yang pantas dan berpengalaman. ”Saya optimis. Kita berharap pilkada berjalan fair,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Pelaksana Harian DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Cornelis Buston. ”Demokrat tidak pernah main-main saat mendukung. Kita akan all out memberikan dukungan,” katanya.

Tidak ada komentar: