Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: KABUT ASAP MULAI GANGGU PENERBANGAN

Senin, 14 Februari 2011

KABUT ASAP MULAI GANGGU PENERBANGAN

INDONESIA GLOBAL



Kebakaran Hutan dan Lahan
Kabut Asap Mulai Ganggu Penerbangan

Senin, 14 Februari 2011 | 22:08 WIB

Kabut asap mulai mengganggu aktivitas penerbangan di Jambi terutama pada pagi hari karena asap menghalangi jarak pandang pilot terhadap landasan pacu.

Kepala Devisi Lalu Lintas Udara Bandara Sultan Thaha Jambi Dwi Putra Jaya di Jambi, Senin (14/2/2011) mengatakan, sejak sepekan terakhir suhu udara di Provinsi Jambi cukup panas dan terjadi kabut asap.

"Kabut asap yang menyelimuti Kota Jambi terutama pada pagi hari bisa berada di bawah 2.000 meter, atau jarak pandang minimal yang dibutuhkan pilot," katanya.

Pada Minggu (13/2/2011) terjadi keterlambatan penerbangan pesawat Garuda akibat kabut asap yang beberapa hari terakhir menyelimuti Kota Jambi.

Selanjutnya untuk melakukan pendaratan, tergantung pada keberanian pilot sepanjang jarak pandang masih berada dalam batas minimal.

Pada siang hingga sore kabut asap kian tinggi, atau jarak pandang kian jauh, namun kesiapan berbagai pihak pengelola bandara dan penerbangan tetap ditingkatkan.

Pihak bandara akan memberikan larangan keras untuk mendarat maupun terbang jika cuaca tidak memungkinkan, namun jika dalam kondisi baik tergantung pada pilot atau pengelola penerbangan.

Hingga saat ini jadwal penerbangan masih berjalan normal, kalau ada keterlambatan, tidak semua maskapai atau semua penerbangan.

Jadwal penerbangan sering terganggu pada pagi hari karena kepekatan dan kerendahan kabut asap, namun jika siang dan sore, kepekatan asap kian berkurang.

"Jumlah dan jadwal penerbangan dari dan menuju Jambi hingga saat ini tidak berkurang, kendati ada gangguan, sifatnya hanya penundaan dalam waktu singkat," kata Dwi Putra Jaya.

Tidak ada komentar: