Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: TAUFIK KIEMAS DUKUNG SBY BUBARKAN ORMAS PERUSUH

Kamis, 10 Februari 2011

TAUFIK KIEMAS DUKUNG SBY BUBARKAN ORMAS PERUSUH

INDONESIA GLOBAL



Taufiq Kiemas dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Kiemas: Soal Ormas, Presiden Harus Didukung
Namun, kata Taufiq, Pemerintah harus meminta saran Komnas HAM soal prosedur pembubaran
Kamis, 10 Februari 2011, 13:52 WIB

Taufiq Kiemas dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono



Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Taufiq Kiemas, menyatakan semua orang harus mendukung pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono soal penanganan organisasi massa yang perusuh.

"Kita semua harus setuju," kata Taufiq di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis 10 Februari 2011.

Namun, kata Taufiq, prosedur pembubaran jangan sampai melanggar hak asasi manusia. Karena itu, Pemerintah disarankan meminta saran Komisi Nasional Hak Asasi Manusia mengenai prosedurnya. "Prosedurnya supaya tidak melanggar HAM bagaimana?" kata Taufiq.

Jangan sampai, "Nanti kalau terjadi sesuatu, mobil-mobil polisi dibakar, polisi tidak bisa bertindak apa. Sudah begitu, kita marah-marah pada polisi," ujarnya. Karena itu, harus ada peran Komnas HAM.

Kemarin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan aparat penegak hukum untuk tidak segan-segan membubarkan organisasi masyarakat yang melanggar hukum.

"Kepada kelompok yang terbukti melanggar hukum, melakukan kekerasan, dan meresahkan masyarakat, kepada para penegak hukum agar dicarikan jalan yang sah dan legal, untuk jika perlu melakukan pembubaran," kata Presiden pada pidato memperingati Hari Pers Nasional di Kupang, Rabu 9 Februari 2011.

Seperti diberitakan, dalam pekan ini terjadi dua aksi kekerasan berbau agama. Aksi pertama di Cikeusik, Pandeglang, Banten, menewaskan empat orang. Sementara aksi kedua di Temanggung, Jawa Tengah, merusak tiga gereja.

Tidak ada komentar: