Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: PELABUHAN JAMBI DAPAT TAMBAHAN

Jumat, 15 Oktober 2010

PELABUHAN JAMBI DAPAT TAMBAHAN

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Keinginan masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk memiliki pelabuhan roll on-roll off (roro) segera terwujud, setelah delapan tahun pelabuhan yang berada di parit tujuh itu belum juga diselesai.


Kepastian jika penyelesaian pembangunan pelabuhan disampaikan kepala badan perencanaan dan penanaman modal (Bappemdal ), Ambok Tuo. Katanya, saat ini pembangunan pelabuhan telah memasuki tahap penyelesaian.
"Kalau sesuai dengan jadwal pembangunan pelabuhan, tahun ini memasuki tahap finishing," katanya, Kamis (14/9).


Kata Ambok, pelabuhan tersebut nantinya akan membuka akses ke sejumlah daerah, seperti kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Dumai, dan Batam melalui kapal besar yang berasal dari bantuan pemerintah pusat.
"Pelabuhan roro akan menjadi pintu gerbang melalui jalur laut, informasinya, pemerintah pusat akan mengirimkan kapal," katanya.


Namun, sebelum dioperasikan berbagai infrastruktur pendukung pelabuhan roro masih dalam tahap pengerjaan, seperti akses jalan menuju pelabuhan yang terletak di ujung kota Kuala Tungkal. pembangunan akses jalan akan dilakukan pada 2011mendatang.


Selain itu, pihaknya juga akan mengajukan pembangunan penunjang infrastruktur lainnya, seperti aliran listrik, dan air bersih ke pemerintah Provinsi Jambi.
"Akses jalan menuju pelabuhan akan rampung tahun 2011 hingga menuju Parit Semau, dan akan kita usulkan ke provinsi," katanya.


"Pengajuan infrastruktur penunjang pelabuhan roro sudah menjadi prioritas pemerintah daerah saat musrembang lalu," katanya lagi.


Selain pelabuhan roro, pada 2011 mendatang, pembangunan jembatan dan dan jalan di Tanjabbar juga akan menjadi pengajuan prioritas, seperti yang dilakukan saat musrembang Provinsi Jambi, dimana sebanyak 30 item diajukan ke Provinsi , dan didominasi jalan dan jembatan.


Tidak ketinggalan, jalan kecamatan juga diusulkan, seperti jalan Lubuk Kambing menuju Kecamatan Merlung, dan jalan Niam yang merupakan jalan batas tiga kabupaten, Yakni Tanjabbar, Kabupaten Tebo, dan Kabupaten Bungo.

Tidak ada komentar: