Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: DPRD BELUM SERAH KAN DATA ASET PEMKOT TAKUT HILANG

Jumat, 22 Oktober 2010

DPRD BELUM SERAH KAN DATA ASET PEMKOT TAKUT HILANG

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Aset-aset Pemkot Jambi

KOTABARU - Dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemkot Jambi, hanya Dinas Pendidikan (Disdik) dan Sekretariat DPRD Kota Jambi saja yang belum menyerahkan data asetnya kepada bagian Perlengkapan Kota Jambi. Itu dikatakan Kepala Bagian perlengkapan Setda kota Jambi Salami.

Menurut Salami, kemarin (17/10), hingga saat ini Disdik Kota Jambi belum menyerahkan data aset. Alasannya, banyak bangunan sekolah, mesin, dan aset lainnya belum terdata. Demikian pula dengan Sekretariat DPRD kota Jambi. “SKPD dan instansi lainnya sudah,” katanya.

Selain itu, aset Pemkot Jambi seperti tanah juga masih banyak yang belum bersertifikat. Terkait hal itu, Pemkot Jambi melalui bagian perlengkapan bekerjasama dengan badan pertanahan (BPN) akan melakukan sertifikasi tanah-tanah Pemkot. “Akan kita lihat dari lama penguasaan tanah, kronologis penguasaan tanah dan sejarah pembangunan bangunan di atas tanah tersebut,” ujarnya.

Seperti kepemilikan tanah SDN 81, Salami mengatakan, tanah tersebut hingga saat ini masih milik Pemkot Jambi. Pasalnya sertifikat tanah milik abadi belum diperkuat dengan hukum.

Husim Kasim Asisten III Walikota Jambi juga mengatakan tanah SD 81 sampai saat ini masih milik Pemkot Jambi, karena sekarang Pemkot sedang melakukan upaya hukum untuk mempertahankan tanah SD 81.

Menurutnya jika pihak Abadi menggugat melalui jalur hukum, maka Pemkot akan siap menghadapinya. Apabila pemkot sudah digugat maka data dan bukti kuat yang dimiliki Pemkot tentang kepemilikan tanah SD 81 akan di publikasikan. “Apabila sertifikat Abadi paslu, maka dapat dipidanakan,” ujarnya.

Terkait dengan pembongkaran bangunan SD 81 oleh Pemkot, hal itu bertujuan untuk menyelamatkan aset Pemkot. Apabila putusan hukum nantinya tanah SD 81 dimilki oleh Pemkot, maka akan dilakukan pemagaran di area tersebut.

Tidak ada komentar: