Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: PULAU BERHALA UNTUK PERAMBAH TNKS

Minggu, 31 Oktober 2010

PULAU BERHALA UNTUK PERAMBAH TNKS

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Berhala Diusulkan Ditempati Perambah TNKS
Minggu, 31 Oktober 2010 | 10:14 WIB

JAMBI, Para perambah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) diusulkan dipindahkan ke Pulau Berhala. Usulan itu dikemukakan Kepala Kesbangpol Kerinci, Damhar Dahlan, yang berharap dengan adanya masyarakat Jambi di sana dapat membantu status kepemilikan pulau tersebut dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Damhar, untuk memindahkan warga pengungsi dari TNKS untuk di kirim ke Pulau Berhala. Selama ini dengan diberlakukannya pengosongan lahan TNKS oleh pemerintah belum memberikan solusi sama sekali. Sementara yang mereka usir dari TNKS tersebut juga masyarakat Jambi yang harus dilindungi dan diayomi.

"Bila terus tanpa solusi tentu mereka akan menjadi beban tersendiri karena jumlahnya yang tidak sedikit. Kita mewaspadai kerawanan sosial bila mereka tidak memiliki pekerjaan," ungkap Damhar Dahlan kepada Tribun Sabtu (30/10).

Apa yang dikatakan Damhar langsung dinyatakannya dalam forum rakor komunitas intelijen daerah (Kominda) yang diadakan Kesbangpol Provinsi di Hotel Wiltop. Damhar mengkhawatirkan munculnya gejala sosial bila masalah tersebut dibiarkan berlarut- larut tanpa solusi. Bahkan dirinya meminta TNI berperan aktif dan persuasif dalam masalah penghuni TNKS tersebut.

Damhar mengusulkan hal tersebut karena belajar dari kasus pulau Sipadan dan Ligitan yang lepas ke tangan Pemerintahan Malaysia pada Selasa, 17 Desember 2002. Saat itu mahkamah internasional menggunakan metode Continuous presence, effective occupation, maintenance dan ecology preservation”. Ternyata disana pemerintahan Malaysia telah lebih dahulu membangun sarana dan prasarana pariwisata di pulau-pulau tersebut.

"Cukup dengan memberikan mereka perahu, jaring, alat pertanian serta sarana pasar mereka bisa bertahan dan akan membangun tempat tersebut. Karena masyarakat Kerinci merupakan masyarakat yang dapat membuat perubahan," ujarnya.

Menanggapi usulan tersebut, Toto Oktaviano, Kasi Intel Korem 042 Garuda Putih akan mengkoordinasikannya dengan pihak pemerintah. Tidak hanya itu, dirinya juga menghimbau agar pihak Pemda Kerinci dan Pemda Tanjab Timur berkoordinasi.

"Kita hanya terlibat pengaman keluarnya masyarakat dari lokasi TNKS. Untuk langkah selanjutnya akan dikoordinasikan dengan pemprov," ungkapnya.

Tidak ada komentar: