Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: TIGA KEMENTRIAN DAN BPK TERIMA CPNS CARA PENDAFTARAN NYA BACA BERITA INI

Jumat, 22 Oktober 2010

TIGA KEMENTRIAN DAN BPK TERIMA CPNS CARA PENDAFTARAN NYA BACA BERITA INI

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Pendaftaran Bisa via Online dan Kantor Pos

JAMBI - Ini kabar gembira bagi pencari kerja di Jambi. Saat ini, tiga Kementerian Republik Indonesia (RI) membuka lowongan CPNS bagi seluruh warga Indonesia. Ketiga kementerian itu, yakni Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar), dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Dua dari tiga kementerian tersebut, mengumumkan perekrutan CPNS melalui situs internet yang dapat diakses oleh kalangan umum. Penerimaan CPNS di Kementan dan Kementerian PU, sistem mengirim berkas lamaran melalui website masing-masing kementerian. Untuk pengiriman berkas lamaran di Kementan melalui http://cpns.deptan.go.id, dan pengiriman berkas lamaran Kementerian PU RI melalui http://www.pu.go.id.

Sedangkan, untuk penerimaan CPNS di Kemenbudpar RI, lamaran dapat dikirimkan via pos dengan tujuan Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenbudpar RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Nomor 17, Jakarta Pusat. Selain itu, informasi lowongan CPNS Kemenbudpar RI ini juga dapat diakses melalui website www.budpar.go.id.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Jambi Abu Sucamah dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi Didi Wurjanto, membenarkan adanya penerimaan CPNS di dua kementerian tersebut. Namun, menurut dia, penerimaan CPNS yang diumumkan dari pusat tersebut tidak diteruskan di instansi di tingkat provinsi.

“Kita tidak ada menerima pengumuman tersebut. Namun, bila telah ada di internet, itu berarti dapat diakses siapa saja, dan dapat langsung mengikuti prosedurnya,” kata Abu Sucamah.

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi Didi Wurjanto mengatakan hal senada. Menurut dia, penerimaan CPNS dari pusat itu tentunya berbeda dengan penerimaan CPNS yang dilakukan Disbudpar Provinsi Jambi sendiri. “Rekrutmen dari dinas (Disbudpar), masih ditangani oleh Pemprov Jambi (BKD Provinsi Jambi),” kata Didi.

Pendaftaran CPNS di Kementan RI dimulai 14-21 Oktober pada pukul 10.00 secara online via website. Lalu, penerimaan CPNS di Kementerian PU RI dibuka mulai hari ini 18 - 31 Oktober, juga via website. Sementara itu, berkas lamaran CPNS di Kemenbudpar dapat dikirim melalui pos dengan alamat Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi Kemenbudpar RI, pada 26, 27, 28 Oktober, pukul 08-12.00.

Penerimaan CPNS di Kemenbudpar membutuhkan lulusan dari D-III, D-IV, dan S-1. Untuk penerimaan CPNS Kementan RI menerima lulusan S-2, dan SMK Jurusan Pertanian. Sedangkan penerimaan CPNS Kementan RI menerima lulusan dari D-III, D-IV, S-1, dan S-2.

Syarat umum, WNI yang memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) sesuai formasi yang dibutuhkan, usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Kemudian, sehat jasmani dan rohani, tidak terikat kerja/ikatan dinas dengan instansi pemerintah dan badan swasta lainnya. Tidak terlibat langsung dengan organisasi yang bertentangan dengan pancasila, UUD 1945, Negara, dan Pemerintah (PUNP), tidak pernah tersangkut pidana, atau kasus narkoba.

Selain itu juga ada persyaratan melengkapi berkas SKCK, dan dapat mengoperasikan beberapa komputer. Syarat khusus lainnya, di antaranya lulus tes TOEFL yang akan diutamakan dari berkas lamaran. Mengenai syarat lengkapnya dapat dapat diakses melalui internet dalam informasi lowongan CPNS itu.

Penempatan CPNS tersebut, telah ditetapkan oleh pusat sesuai dengan formasi penempatannya di seluruh Indonesia.

Selain tiga kementerian, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia juga membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dan II bagi sarjana (S-1), Diploma III dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk ditempatkan pada kantor pusat atau kantor perwakilan BPK RI Seluruh Indonesia.

Formasi yang dibutuhkan BPK RI untuk sarjana adalah, S-1 Akutansi, Manajemen, Ekonomi Studi Pembangunan, Ilmu Komunikasi, Hukum, Administrasi Negara, Sastra Indonesia, dan Sastra Inggris. Lalu, Statistik, Agribisnis, Teknik Komputer/Informatika, Teknik Sipil, Teknik Pertambangan/Geologi, Teknik Industri, Kehutanan Kelautan, Teknik Kimia dan S-1 Teknik Lingkungan.

Kemudian untuk D-III adalah, D-III Adminstrasi/Manajemen/Sekretaris, Teknik Elektro/Mesin, Ilmu Perpustakaan/Kearsipan, Akuntansi dan DIII komputer. Sedangkan untuk SMK adalah SMK jurusan Administrasi/Manajemen dan SMK jurusan Teknik Elektro/Mesin.

Untuk persyaratan akademis S-1 dan D-III, adalah lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan kategori A dengan IPK minimal 3,00. Sementara itu persyaratan akademis untuk lulusan SMK, memiliki surat hasil ujian nasional dengan nilai masing-masing mata pelajaran. Di antaranya Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris lebih dari atau sama dengan 7,00.

Persyaratan lainnya untuk S-1, adalah berusia setinggi-tingginya 32 tahun per tanggal 1 Mei 2011 dan berusia setinggi-tingginya 25 tahun per tanggal 1 Mei 2011 untuk D-III. Untuk SMK, berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan serendah-rendahnya 18 tahun per 1 Januari 2011.

Cara pendaftaran CPNS BPK RI ini adalah dengan mengisi formulir lamaran yang tersedia secara online pada laman CPNS BPK RI http://cpns.bpk.go.id mulai tanggal 14 hingga 18 oktober 2010. Kemudian mengirim berkas lamaran yang dilampiri print out bukti registrasi pendaftaran dan diterima pantia paling lambat 23 oktober 2010. Berkas lamaran ditujukan pada panitia penerimaan CPNS BPK RI Po box 1401 JKP 10210.

Humas BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Jatu Apriyanti, saat dikonfirmasi membenarkan adanya penerimaan CPNS BPK RI. Menurutnya, rekrutmen CPNS BPK diselenggarakan oleh BPK pusat. “Info selengkapnya silahkan buka di situs resmi BPK,” tulisnya dalam pesan singkat yang diterima Jambi Independent, kemarin

Tidak ada komentar: