Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: DUA WARTAWAN GADUNGAN DI TANGKAP

Selasa, 12 Oktober 2010

DUA WARTAWAN GADUNGAN DI TANGKAP

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Iran
Aparat Iran menangkap dua warga asing yang dituduh menyamar sebagai wartawan, kata kantor berita mahasiswa ISNA mengutip jaksa Iran, Senin (11/10/2010).

"Dua warga asing yang menyamar sebagai wartawan telah ditangkap di Iran," kata jaksa penuntut umum Gholamhossein Mohseni-Ejei.

"Kami diberi tahu bahwa ... kedua orang itu berencana mewawancarai keluarga Sakineh Ashtiani ... Mereka memasuki Iran sebagai wisatawan dan melakukan wawancara dengan putranya," tambahnya.

Laporan ISNA itu tidak menyebutkan kewarganegaraan kedua warga asing itu. Sakineh Mohammadi Ashtiani dihukum mati karena perzinahan, namun para pejabat Iran bulan ini menangguhkan eksekusinya dengan pelemparan batu setelah kecaman dari berbagai penjuru dunia selama beberapa pekan.

Ia dinyatakan bersalah melakukan perzinahan -- kejahatan yang bisa dikenai hukuman mati di republik Islam tersebut -- pada 2006. Ia juga dituduh terlibat dalam pembunuhan suaminya.

Perzinahan merupakan satu-satunya kejahatan yang dikenai hukuman mati dengan pelemparan batu berdasarkan hukum syariah yang diberlakukan di Iran setelah revolusi Islam 1979, kata seorang pengacara kepada Reuters.

Hukuman mati untuk kasus pembunuhan di Iran adalah dengan penggantungan. Di sela-sela sidang Majelis Umum PBB pada September, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menuduh media asing memalsukan berita dengan mengatakan Ashtiani tidak dijatuhi hukuman mati dengan pelemparan batu.

Iran menjadi sorotan dunia bukan karena masalah hukuman mati itu saja namun juga karena program nuklirnya yang kontroversial. Negara itu sudah dikenai tiga paket sanksi PBB karena penolakannya untuk menghentikan pengayaan uranium, salah satu dari sejumlah langkah penting untuk membuat energi nuklir bagi kepentingan-kepentingan sipil ataupun militer.

Tidak ada komentar: