Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: POLISI PEMBUNUH DI NYATAKAN BERSALAH

Selasa, 12 Oktober 2010

POLISI PEMBUNUH DI NYATAKAN BERSALAH

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Yunani

Denny Gerberding
Sisa pohon cemara Natal depan gedung parlemen Athena yg hangus dibakar para demonstran.

AMFISSA, Seorang polisi Yunani pada Senin (11/10/2010) dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan setelah menembak remaja laki-laki berusia 15 tahun dua tahun silam yang memicu kerusuhan di negara tersebut.

Epaminondas Korkoneas (38) dinyatakan bersalah melakukan pembunuhan oleh pengadilan di kota Amfissa.

Ia dinyatakan terbukti membunuh Alexis Grigoropoulos pada Desember 2008 saat melakukan patroli malam di distrik Exarchia, Athena.

Pengadilan akan menjatuhkan vonis pada Senin malam terhadap Korkoneas yang mengaku tidak bersalah. Jaksa penuntut umum menuntut terdakwa hukuman penjara seumur hidup.

Panel yang terdiri atas tiga hakim juga memvonis bersalah terhadap rekan patroli Korkoneas, Vassilios Saraliotis (32) karena terbukti bersekongkol dalam kejahatan tersebut.

Pengadilan yang sudah berlangsung selama sembilan bulan itu menyatakan Korkoneas melepaskan tiga tembakan pada 6 Desember 2008 di Exarchia, distrik yang dikenal sebagai titik awal kerusuhan terjadi.

Pengacara Korkoneas, Alexis Kaugias mengatakan insiden itu merupakan kecelakaan tragis yang timbul akibat tembakan peringatan dari polisi agar para pemuda yang melemparkan benda-benda ke arah mereka mundur.

Laporan otopsi memperlihatkan remaja laki-laki tersebut terkena peluru nyasar, namun pengacara menekankan pada kesaksian saksi mata yang mengatakan polisi membidik dan melepaskan tembakan terhadap korban.

Tidak ada komentar: