Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: BOS NARKOBA MASUK DAFTAR ORANG TERKAYA FORBES

Selasa, 12 Oktober 2010

BOS NARKOBA MASUK DAFTAR ORANG TERKAYA FORBES

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

Daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes memasukkan nama buron paling dicari di Meksiko, Joaquin Guzman (54).


Bos kartel narkoba paling berkuasa di Meksiko itu masuk urutan 701 daftar orang terkaya dengan perkiraan kekayaan mencapai 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 12 triliun).

Guzman yang kabur dari penjara Meksiko pada 2001, diperkirakan hidup bebas di Meksiko atau Amerika Tengah. Para pejabat Meksiko mensinyalir bahwa serangkaian kekerasan di utara negara itu akibat ulah Guzman.

Majalah Forbes memerkirakan bahwa para penyelundup narkoba asal Meksiko dan Kolombia menghasilkan uang antara 18-39 miliar dollar AS.

Kekayaaan Guzman sebagian besar dari usahanya menguasai kartel Sinaloa yang dinamai demikian karena bermarkas di negara bagian Sinaloa. Dalam setahun terakhir, kartel Sinaloa berusaha menyingkirkan rival-rival mereka dari perbatasan Ciudad Juarez. Pertempuran antara dua kartel itu telah menewaskan sedikitnya 2.000 orang.

Guzman hanya setinggi 152 sentimeter. Namun, orang-orang yang pernah bertemu dengannya menggambarkannya sebagai pria berkarisma luar biasa dan pintar. Pada 2001, dia kabur dari penjara Meksiko melalui truk laundry setelah menyuap hampir semua sipir dan pejabat penjara. Pernikahannya pada 2007 dengan cewek berusia 18 tahun dijaga sangat ketat dan tentara Meksiko tidak berusaha menangkapnya.

Guzman bukan bos narkoba pertama masuk daftar orang terkaya Forbes. Pada 1989, bos narkoba Kolombia, Pablo Escobar, berada di urutan tujuh orang terkaya di dunia dengan kekayaan 25 miliar dollar AS. Belum ada tanda-tanda perang melawan narkoba akan gagal sehingga peluang bos narkoba menjadi orang kaya-raya masih terbuka lebar.

Tidak ada komentar: