Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: ANJANGSANA BERBUAH KRITIK

Rabu, 13 Oktober 2010

ANJANGSANA BERBUAH KRITIK

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

AHMADINEJAD


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad
Sudah jelas, Iran memang mendukung kelompok Hizbullah di Lebanon. Nah, anjangsana dua hari Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad sejak Rabu (13/9/2010) pagi selepas mendarat di Bandar Udara Internasional Rafic Hariri di Beirut justru berbuah kritik. Dalam kunjungan pertama ke Lebanon ini, sebagaimana warta Xinhua pada Rabu, Ahmadinejad akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Michel Suleiman dan Perdana Menteri Saad Hariri.

Memang, para pendukung Hizbullah mengelu-elukan Ahmadinejad di jalan-jalan kota itu. Mereka membawa foto besar Presiden Ahmadinejad dan pemimpin keagamaan Iran lain. Pihak Hizbullah memang sudah meminta para pendukungnya menyambut Ahmadinejad.

Namun, hal lain diungkapkan kelompok seteru Hizbullah. Para penentang yang berasal dari kelompok-kelompok politik dan keagamaan bilang, kunjungan Ahmadinejad ke Lebanon bisa mengganggu stabilitas politik. "Lawatan Ahmadinejad ditujukan untuk mengubah Lebanon menjadi pangkalan Iran di Mediterania," begitu keberatan mereka.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengatakan kekhawatirannya terhadap kunjungan ini. Sementara itu, Hizbullah mengatakan, rakyat Lebanon harus berterima kasih kepada Iran atas bantuan yang diberikan seusai perang melawan Israel pada 2006.

Tidak ada komentar: