Locations of visitors to this page JAMBI GLOBAL: JALAN DAN JEMBATAN TETAP JADI PRIORITAS

Sabtu, 16 Oktober 2010

JALAN DAN JEMBATAN TETAP JADI PRIORITAS

JAMBI GLOBAL BY:TONI SAMRIANTO

KUALATUNGKAL - Pembangunan sarana infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi usulan prioritas Kabupaten Tanjab Barat pada Musrembangprov beberapa waktu lalu. Dari 30 item usulan yang diajukan, sebagian besar berisi mengenai peningkatan kualitas jalan dan jembatan berstatus milik Provinsi Jambi.
Ini dikatakan Kepala Bappemdal Kabupaten Tanjab Barat Ambo Tuo, ketika disambangi di ruang kerjanya, kemarin (14/10). "Usulan kita ke provinsi masih fokus soal infrastruktur, terutama peningkatan kualitas jalan dan jembatan," ujarnya.

Semua yang diusulkan tersebut sudah melalui kajian matang dari pemkab. Agar ada sinkronisasi antara rencana pembangunan pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Dia mencontohkan pembangunan Pelabuhan Roro di Kualatungkal, dimana pembangunan pelabuhan tersebut didanai pemerintah pusat. Dengan demikian, pemkab hanya menganggarkan pembangunan infrastruktur penunjang, seperti listrik dan air bersih.

Sedangkan untuk Pemprov Jambi, pemkab hanya mengusulkan agar akses jalan menuju ke lokasi Pelabuhan Roro dari Jalan Simpang Parit Semau menuju pelabuhan menjadi milik provinsi diperbaiki melalui dana APBD provinsi. Disebutkannya, usulan perbaikan akses jalan menuju Roro itu menjadi prioritas ajuan pada musrenbang beberapa waktu lalu.

Sesuai rencana, Pelabuhan Roro akan selesai tahun ini. Tak hanya itu beberapa jalan lintas yang menghubungkan antarkecamatan dan kabupaten juga diajukan ke provinsi, seperti jalan sepanjang 70 km dari Merlung-Lubuk Kambing hingga ke Simpang Niam juga diajukan agar masuk pada tahun 2011. "Sebab jalan Merlung-Lubuk Kambing hingga ke Simpang Niam ini merupakan batas tiga kabupaten, Tanjab Barat, Tebo dan Bungo. Saat ini juga sedang diperbaiki pemprov, diharapkan tahun depan bisa menuju Merlung," katanya.

Tidak ada komentar: